Perfect Selfie And Enjoy Your Travel With OPPO F5 Series


Sudah seminggu ini saya memakai smartphone OPPO A71. Saya terpaksa mengganti smartphone lama merek X saya karena saya pikir sangat kurang mendukung kegiatan travelling saya. Jujur saja, saya tipe orang yang senang berfoto untuk mengabadikan momen kemudian menge-share di media sosial saya. Entah dalam agenda travelling, icip-icip makanan, acara keluarga, foto buku yang on going read, foto objek yang menarik sampai berselfie bersama.

Saya pikir saya emang harus membeli smartphone baru yang bisa mendukung kegiatan travelling, memiliki kualitas camera yang bagus, dan mudah dibawa kemana-mana, demi suatu momen yang nggak akan pernah terulang lagi. Makannya saya pilih Oppo. 

Dan selama ini yang saya lakukan (sebelum memiliki Oppo) jika ingin mengabadikan momen adalah “Aku pakai cameramu dulu ya. Tem.  Nanti kirim lewat share it ke aku.” sambil cengar cengir. Numpang foto di hape teman lama-lama menjadi kebiasaanku yang lama kelamaan menjadi ke-ciri khas-an yang tertanam di pikiran teman-teman yang sudah berbaik hati menampung gambar saya hingga memenuhi memory storagenya. Dear teman, maafkan aku yang dulu.

Jika diantara sobat semua bernasib sama seperti saya, maka wajib dan kudu baca tulisan ini. Sebelum kalian tersesat dan memilih jalan yang salah. Demi hidup yang lebih Realistis.
Lho, apa hubungannya antara foto-foto dengan hidup realistis?

Jadi gini, setelah seminggu ini saya memiliki smartphone milik vendor OPPO, saya merasa sangat sangat sangat senang dan puas. Selain saya membelinya dengan jerih payah saya sendiri, saya juga puas dengan hasil jepreten camera OPPO A71, kenapa? Karena jepretennya bener-bener real banget, fokus, dan detil. Saya memang sedang mencari smartphone yang bisa menangkap semua moment saya dengan sangat nyata dan hasilnya nggak kalah dengan camera D-SLR di luar sana. Dan Oppo lah jawabannya. 

Terus kenapa harus realistis?

Pepatah bilang, “Kita bisa saja membohongi orang, tapi kita tidak bisa membohongi diri sendiri.” Lah, pepatah darimana? Dari saya. Hehe. Jadi kebanyakan camera selfie smartphone di luar sana terlalu me-make over wajah kita menjadi sesosok manusia yang kita sendiri saja tidak kenal. Ini over beauty namanya, dan nggak riil banget. Camera bohong, atau yang biasa kita katakan dengan ‘Camera munafik’. Oke, hilangkan merutuki camera-camera itu. Yang salah bukanlah mereka, melainkan kita. Loh? Sudahlah, iyakan saja.

Kamera smartphone OPPO memang terkenal dengan bidikannya yang real. Nggak salah kalau taglinenya Capture The Real You. Jadi hasilnya tidak terlihat begitu memanipulasi tapi tetep OKE.

Namun, seolah mengerti keinginan konsumen yang tidak pernah puas dengan hasil jepretan camera selfie dimana sekarang selfie sudah menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan saat travelling ataupun dalam momen-momen penting lainnya, Oppo mencoba mengembangkan smartphone yang memiliki camera selfie dengan hasil yang perfect dan bersifat automatically serta focus. Untuk itu Oppo meluncurkan produk baru, yaitu OPPO F5 series.

Dokumentasi pribadi

Pada acara Oppo Selfie Tour Take F5 to Travel yang diadakan oleh OPPO melalui kerjasama dengan DetikEvent, Selasa (19/12/207) lalu di Hotel Novotel Lampung, saya merasa mendapat pencerahan. Ya, tentu saja tentang perangkat terbaru dari OPPO F5 Series. Ini adalah event selfie tour kedua oleh Oppo setelah yang pertama sukses diadakan di kota Malang. Dan akan berlanjut ke Manado, Banjarmasin dan Bali. Acara ini diikuti oleh komunitas Blogger Lampung, influencer dan traveller. Tujuannya adalah memperkenalkan perangkat terbaru Oppo F5, dan memberikan experience mengenai Oppo F5 ini.

Terus apa bedanya dengan Oppo A71 yang saya miliki sekarang?

Pada dasarnya produk Oppo itu sama-sama bagus dan mengedepankan camera selfie dengan hasil yang expert. Namun pada series F5 ini lebih dikembangkan lagi dan lebih oke pastinya.


Peserta mencoba OPPO F5

Kalau sobat semua pernah berselfie ria menggunakan camera selfie merek X dan mendapatkan hasil yang jauh dari kenyataan, tampak lebih glowing, distorsi, dan not suitable, mending tenang dulu, jangan setress, tarik napas… dan buang. OPPO F5 Series kini hadir untuk menyelesaikan masalah sobat agar foto-foto saat travelling sobat terlihat natural dan akan dikira kalau sobat berfoto dengan camera D-SLR.

Perbedaan hasil selfie dari Oppo F5 dengan competitor

Pak Aryo Meidianto Aji, Public Relation Manager OPPO Indonesia

Acara dimulai dengan perkenalan Oppo F5 oleh Pak Aryo Meidianto selaku Mannager Public Relation Oppo Indonesia.  Beliau memperkenalkan perangkat canggih dari Oppo F5 series ini.

OPPO F5 Series memiliki front camera 20 mp, dan real camera 16 mp, full screen 6,0” FHD, sensually sleek (mudah digenggam), 4GB RAM plus Octa Core CPU. Ada juga Oppo F5 yang 6GB. Oppo F5 ini bener-bener Full Screen Display, jadi seolah-olah layar benar-benar timbul dan terlihat nyata.

Oh ya, ada juga fitur Speedy Facial Unlock, yaitu membuka layar smartphone Oppo F5 semudah kita mengucapkan “Hai!”, lalu terbuka. Jika kebanyakan smartphone masih menggunakan finger print sebagai perangkat keamanan, pada Oppo F5 ini juga di tambah dengan facial unlock, dimana jika smartphone terkunci maka ia hanya bisa terbuka jika wajah kita yang terdeteksi sebagai kuncinya. Ia akan memindai 254 titik di wajah kita untuk mendeteksi.

Foto Oppo F2 nampak depan.  Photo take by mantuidaman.com


Jika kamu pengguna kacamata seperti saya, maka jangan khawatir, Oppo F5 tetap bisa membaca wajah si pemilik. Waw. Ini sangat mendukung sekali untuk keamanan ponsel kita agar nggak di utak atik dengan oranglain tanpa sepengetahuan kita. Dan juga kecepatan facial unlock ini hanya butuh 0,2 sekon untuk mendeteksi. Wow… Ini mah cepat sekali.

Dalam hal ber-selfie, OPPO F5 Series memiliki keunggulan camera sebagai berikut:

  • A.I Beauty Recognition : dengan teknologi artificial intelegence yang kompleks ini akan membuat perangkat smartphone Oppo F5 muddah membaca type wajah kita. camera akan otomatis bisa membedakan wajah male dan female serta mempercantik objek dengan senatural mungkin. Tanpa khawatir hasil akan glowing, distorsi atau not suitable.
  • Face Priority Exposure : yaitu camera akan mengutamakan wajah kita sebagai fokus utama dan memblurkan objek yang lainnya.
  • Face Comes First : pernah nggak berselfie di tempat yang kondisinya di belakang kita lebih terang? Dan ini akan mengakibatkan wajah kita menggelap gulita seperti siluet di senja buta. Oppo F5 mampu membedakan dan mengatur  kondisi pencahayaan setiap latar belakang yang proporsional bagi kita supaya foto jadi lebih menawan alias wajah kita masih tetap terlihat natural tapi tidak mengabaikan latar di belakang kita.
  • Efek Bokeh : efek ini dapat menjadikan wajah sobat menjadi objek utama dengan detil menawan dan leih terang.
  • F2 Aperture and 1 /2.8” Sensor : tidak hanya siang saja yang bisa membuat foto kita jadi menawan tapi pada malam hari juga. Dengan fitur ini, hambar yang dihasilkan akan tetap tajam & less noise meski dalam kondisi kekurangan cahaya.
Hasil jepretan camera selfie Oppo F5 bersama mantuidaman.com


Dilanjutkan dengan berbagi pengalaman oleh Bang Fahmi (saya panggil Bang, ya… hehe) dari DetikiNet yang sudah memakai Oppo F5 diberbagai sudut spot-spot foto. Dan terbukti, Oppo F5 Series benar-benar menghasilkan gambar yang menakjubkan. Gambar Bang Fahmi jadi lebih cakep dan natural banget gantengnya. Eh.

Untuk sobat yang hobi nge-vlogging, Bang Fahmi ini sudah membuktikan ngevlog dengan Oppo F5 dengan berputar 360o dan hasil vidionya benar-benar fokus, meski kita berpindh-pindah wajah kita tetap di Lock sebagai priority focus. Dan ini juga sudah saya buktikn sendiri. Lihat vidio di bawah ini (abaikan suara).



Kemudian dilanjutkan oleh Mbak Bona, si cantik dari Detik Travel yang sudah melakukan uji coba travelling menggunakan Oppo F5 Series keliling Lampung. Mbak Bona juga memerkan beberapa foto yang ia ambil saat travelling. Dan saya hanya bisa berdecak kagum melihat ketidakmungkinan yang terjadi. Foto-foto Mbak Bona dengan Oppo F5 terlihat bagus dan tampak seperti menggunakan kamera D-SLR. Apalagi foto-foto yang ia close up (padahal jarak camera dengan objek cukup jauh) tapi tidak terlihat pecah-pecah. Bahkan masih cukup detil.

Tidak hanya itu, sudah seharian lebih mbak Bona keliling Lampung, tapi Oppo F5 masih bisa bertahan dan nggak mudah habis baterai. Wah… katanya Oppo F5 ini memiliki 3500 mmah. Pantesan bisa bertahan lama.

foto perangkat F5
Ada 3 jenis Oppo F5 Series ini, yaitu:
1. Oppo F5 : 4GB RAM (Rp. 3.999.000)
2. Oppo F5 Youth : 2GB RAM (Rp. 3.599.000)
3. Oppo F5 : 6GB RAM (Rp. 5.199.000) 

Setelah mengetahui bahwa Oppo F5 ini begitu mengagumkan saya berencana untuk menukar dan menambah dana untuk memiliki F5 di kemudian hari. aamiin.

Eeeiittzzzz… satu lagi yang penting dari Oppo F5 Series ini, selain dari camera selfienya yang menjadi keunggulan utama, Oppo F5 juga dapat multi layar. Ini cocok banget buat kamu yang multitasking. Karena layar yang segede 6 inch itu bisa memuat dua halaman sekaligus dalam satu moment. Jadi nggak perlu skip-skip layar. Bisa juga dual akun Whatsapp dan dual akun media sosial lainnya.

Selain itu F5 juga mendukung banget untuk sobat para gamer AOV karena Oppo F5 juga di lengkapi dengan fitur Game Acceleration. Kalau pas lagi main game terus hape berdering, Oppo F5 nggak akan meninggalkan game, atau game akan tertutup lantaran ada telepon masuk. Pemberitahuan telepon akan tetap ada di atas layar tanpa menyekip game kamu. Wah… ini baru hanya ada di Oppo F5 series. Coba, kapan lagi kamu main game tanpa di ganggu dengan telepon yang nggak jelas.

Jadikan momen travelling mu menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan bersama Oppo F5 Series, Selfie Expert & Leader. Semoga bermanfaat.

Salam,

Adbox