Kementrian Kesehatan RI Kampanyekan GERMAS Hingga Pelosok Desa




Kesehatan adalah aset paling penting dalam hidup kita. Tanpa kesehatan semua tidak akan bisa mengecap manisnya kehidupan. Nikmat Tuhan yang amat sangat penting namun seringkali kita mengabaikannya kala tubuh sehat. Kesehatan memang akan terasa sangat berharga mana kala kita jatuh sakit. Namun, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Jangan sampai kita sakit dahulu kemudian kita baru menyadari bahwa menjaga kesehatan itu penting. Karena kita lalai dari menjaga tubuh agar tetap sehat, kita sering melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi alkohol contohnya.


Menjaga kesehatan juga merupakan wujud bersyukurnya kita kepada yang Maha memberi nikmat. Jadi, cobalah untuk bersyukur atas karunia yang Tuhan berikan kepada kita.

Akhir-akhir ini banyak sekali penyakit-penyakit yang mulai menyerang manusia. Bisa disebabkan oleh virus, bakteri, lingkungan tidak bersih, cuaca ekstrem sampai pola hidup yang tidak sehat. Saya sendiri termasuk di dalamnya. Hehe. Saya adalah orang yang dalam 24 jam tidurnya kurang dari 8 jam. Ini tidak baik, pasti. Maka tak heran jika saya sering ngantuk di jalan, kecapean, sering pusing, magh, dan lain-lain. Ditambah pola makan saya yang tidak teratur dan jarang banget olahraga. Hufh. (Jujur saja saya termasuk orang yang Mager. Hehe) Padahal hidup sehat itu penting lho.

Untuk itu perlu adanya gerakan yang dapat mendukung masyarakat agar tercipta masyarakat yang hidup sehat.


15 November 2016 lalu, Kementrian Kesehatan RI mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. GERMAS ini dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan kuratif-rehabilitatif, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.  Tujuannya untuk mengurangi beban penyakit, menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Way Jepara (14/12/2017)- Dinas Kesehatan Lampung Timur dan bekerjasama dengan Puskesmas Lampung Timur melakukan gebrakan GERMAS di Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur. Acara ini bertujuan untuk mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Lampung Timur, Bapak Zaiful Bokhari. Acara dimulai dari jam 06.00 WIB yang dimulai dengan jalan sehat sepanjang ± 3 Km.


Wakil Bupati memulai jalan sehat

Antusiasme masyarakat Way Jepara sangat luar biasa. Dari kalangan anak-anak hingga orangtua. Karena selain jalan sehat dan senam masal acara juga dimeriahkan dengan pesta buah, lomba mewarnai untuk anak TK dan Paud, donor darah, demontrasi CTPS oleh dokter kecil, KB Implan masal, USG ibu hamil dan pemeriksaan IVA. Waaah, lengkap banget kan acaranya.

Senam masal oleh masyarakat Way Jepara

Donor Darah

Demontrasj CTPS oleh Dokcil

Lomba mewarnai oleh siswa/i TKdan PAUD

Antusias Masyarakat saat pesta buah

Melalui acara ini juga, Kementrian Kesehatan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk memulai gerakan hidup sehat, yang dimulai dengan membiasakan hidup dengan:
  • Melakukan aktifitas fisik (minimal 30 menit dalam sehari) 
  • Konsumsi sayur dan buah
  • Cuci tangan pakai sabun
  • Membersihkan lingkungan 
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Menggunakan jamban sehat 
  • Memeriksa kesehatan secara rutin
Dalam kesempatan ini, Bupati Lampung Timur yang diwakilkan oleh wakil Bupati menyampaikan kepada masyarakat ajakan untuk hidup sehat, “Mari kita saling bergandeng tangan, bekerjasama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.”

Kampanye GERMAS ini juga dimeriahkan oleh penampilan putri-putri SMA N 1 Way Jepara (SMA saya dulu. hehe) yang menyuguhkan tarian Lampung kreasi. Juga ada penampilan adik-adik dari MIM Braja Asri yang menampilkan Merching Band.

Yang terakhir yaitu pembagian doorprize. Melalui undian kupon yang sudah dibagi saat jalan sehat.
Salah satu peserta pemenang undian.  Mendapatkan doorprize magic com cantik.
Selamat. 

Kampanye GERMAS ini diharapkan mampu mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan lebih mencintai lingkungan. Karena sehat itu mahal. HIDUP GERMAS.


Salam,
Adbox