Perjalanan Nyaman, Ayo Naik Bus Biar Nggak Macet!

Assalamu’alaikum... 
Hallo guys... selamat siang.

Pernah kebayang nggak sih kalau di negara kita punya akses transportasi umum yang nyaman, aman, murah lagi? Ini nih yang beberapa tahun lalu sempat aku bayangkan. Hehehe... (efek nggak punya kendaraan pribadi)
Daaaaan...
Transportasi umum yang nyaman, aman dan murah sekarang sudah hadir di daerah saya. Lampung Timur. 


Taraaaa...



Bus Damri jurusan Rajabasa-Labuhan Maringgai. (foto oleh Furi Rain)


Untuk aku yang kerjanya sebulan sekali atau beberapa kali dalam sebulan pergi dari rumah (Way Jepara) ke Bandar Lampung bus ini sangat sangat sangat banyak membantu. Sesuai dengan yang pernah aku bayangkan sebelumnya. Nyaman, aman dan murah. Aku hanya butuh 30.000 rupiah dalam sekali jalan. Ini jelas lebih murah ketimbang harus memakai jasa travel yang biasanya di pungut biaya 50.000 rupiah sekali jalan (belum pulang).


Sebelum di luncurkannya bus damri jurusan Lampung Timur-Bandar Lampung, aku harus transit dulu ke terminal 16C Metro dengan biaya 25.000 rupiah, kemudian dari terminal Metro ke terminal Rajabasa aku harus bayar 15.000 rupiah. Berarti lebih mahal 10.000. Mana kadang-kadang ketinggalan bus, dan suasana terminal yang kurang nyaman. Bahkan aku pernah tidur di tempat salah satu teman abangku gara-gara aku ketingalan bus dan harus nunggu besok lagi. Haduuuh... Ini jelas menjengkelkan.

Dan sekarang ... aku benar-benar harus bersyukur banget dan berterimakasih sangat kepada Dinas Perhubungan Propinsi Lampung beserta Perum Damri yang sudah mewujudkan mimpi saya. hehe... yang telah meluncurkan armada-armadanya sampai ke daerah yang saya tinggali. Akhirnya, saya bisa dengan nyaman pergi ke Bandar Lampung. Tanpa perlu menunggu lama, tidak perlu transit, tidak perlu capek-capek berdiri dalam bus, tidak perlu khawatir kecopetan, dan pastinya ... ongkosnya pun murah.

Bus-bus ini juga tersebar di berbagai daerah lain di Indonesia. Seperti kota Padang (karena aku sendiri penumpang setia sewaktu kuliah dulu. hehe). Bus ini di luncurkan sebagai fasilitasi sarana transportasi umum untuk mengurangi kemacetan dan kepadatan kendaraan di jalan raya.

Bus Damri ini juga di lengkapi dengan bangku kursi yang nyaman dan tersedia dalam jumlah yang banyak, Air Conditioner (AC), full music, CCTV, Televisi, pegangan, dan dalamnya luas alias lebar. Cocok banget buat kamu yang punya sindrom mabuk kendaraan, karena di dalam bus saja sudah seperti dalam ruangan. Hehe...enggak pengap.


Di dalam bus damri (Foto oleh Furi Rain)

Bus Damri yang melaju dari Lampung Timur ke Bandar Lampung terbagi menjadi 3 jam terbang. (Wiiiddiiiihhh... kirain Cuma sekali. hehe... enggak dooong!)

Jam berapa aja?

Kalau dari Lampung Timur ke Bandar Lampung ada 3 kali:
1.      Pagi: jam 07.00 WIB
2.      Pagi: jam 09.00 WIB
3.      Siang: jam 13.30 WIB
(note: Terhitung dari daerah saya di Way Jepara)

Kalau dari Bandar Lampung ke Lampung Timur ada 3 kali juga, yaitu:
1.      Pagi: jam 06.30 WIB
2.      Siang: jam 14.30 WIB
3.      Sore: jam 15.30 WIB
(note: Terhitng dari Pul Damri, yaa.)

Nah, untuk waktu tempuhnya sendiri itu juga nggak lama-lama lhooo. Maksimal hanya tiga jam sudah sampai di Bandar Lampung. Yah, dengan fasilitas di dalam bus yang seperti itu, sih, 3 jam juga enggak berasa lama. Karena kita bisa tiduran juga di dalam. Hehehe...

Selain itu, PERUM DAMRI ini juga menyediakan jasa antar barang. Ongkos kirimnya pun relatif terjangkau. Jadi bagi agan agan dan sis sis yang biasa belanja banyak untuk keperluan toko atau apapun itu dalam jumlah banyak, bisa lhooo pakai jasa antar bus Damri. Di jamin sampai rumah.
Untuk kritik dan saran penumpang/konsumen, Perum damri juga menyediakan layanannya. Siap respon deeeh... (Maaf ya belum bisa cantumkan call centre nya)

Dengan jargonnya “AYO NAIK BUS, BIAR NGGAK MACET.” Bus Damri makin eksis dan semakin digemari oleh masyarakat, khususnya mahasiswa yang sering pulang pergi rumah-Bandar Lampung. Aku juga makin ketagihan naik bus, hehehe...
Akhirnya transportasi yang saya dambakan ada juga. Nyaman, aman dan murah. Mantaaapppsss deh pokoknya.

So, tunggu apa lagi?
“AYO NAIK BUS, BIAR NGGAK MACET.”

Salam hangat,

Adbox