DUKUNG WISATA DESA: Dispora Lampung Timur Gelar Kursus Bahasa dan Hospitality



Rabu, 13 September 2017, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Lampung Timur menggelar  Pelatihan Bahasa dan Hospitality di Balai Desa Braja Harjosari Kecamatan Braja Selebah. Pelatihan ini untuk menunjang berkembangnya wisata desa yang dicanangkan oleh pemerintah Lampung Timur. 

Dispora memberi pengarahan kepada peserta (Photo by Furi Rain)
Peserta pelatihan merupakan para pemuda/i yang berasal dari berbagai desa di Lampung Timur antara lain Desa Braja Harjosari, Braja Luhur, Labuhan Ratu, Marga Sekampung, Sekampung Udik, Pasir Sakti, dan lain-lain. Dimana di desa tersebut memiliki akses terdekat dengan destinasi wisata maupun desa yang telah di canangkan sebagai wisata desa. Peserta berjumlah 70 orang yang berasal dari berbagai desa di Lampung Timur.

Tujuan dari pelatihan kursus bahasa dan hospitality ini adalah untuk melatih para pemuda/i Lampung Timur dalam berbahasa asing dan dapat beramah tamah dalam menjamu wisatawan lokal, domestik maupun wisatawan asing yang berkunjung serta dapat memberikan pelayanan sesuai standar International.
Bahasa yang di kursuskan antara lain Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin dan Bahasa Arab. Secara umum, agenda yang diadakan oleh Dispora Lampung Timur ini untuk menunjang wisata desa penyangga hutan lindung Way Kambas.

Pembukaan acara pelatihan (Photo by Ni  Made)




Terlihat peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Kursus ini juga akan dilakukan rutin setiap 2 kali seminggu selama 3 bulan. Yakni setiap hari Kamis dan Jum'at. Dan nantinya akan di bimbing oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya.

"Sangat bermanfaat bagi pemuda pemudi desa. Pastinya harus dijalani dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan," ujar Tanti Candra, salah satu peserta pelatihan.

Tidak hanya itu, peserta juga mendapat motivasi oleh Pak Jajang sebagai salah satu instruktur pelatihan.
 "I hope to all of you, have a high motivation, good quality and don't be shy," ujarnya dalam memotivasi para peserta. Saya harap kepada kalian semua, untuk memiliki motivasi yang tinggi, kualitas yang bagus dan jangan malu. Begitu kurang lebih artinya.

Wisata Desa ini sangat potensial jika dikembangkan secara berkelanjutan. Beberapa wisatawan asingpun tidak jarang berkunjung di desa Braja Harjosari (desa yang bersebelahan dengan Taman Nasional Way Kambas) untuk melihat dan berkeliling desa.
Pak Misbaqul Munir, S.Ag, selaku Pak Lurah di desa Braja Harjosari sangat mendukung program wisata desa ini. Beliau juga telah menyiapkan beberapa petak lahan sawah kosong guna wisatawan asing yang ingin mencoba bertanam padi secara langsung.
Desa Braja Harjosari juga telah menyiapkan penginapan yang nyaman sebagai fasititas wisatawan yang ingin menginap.

Menikmati sore di Desa Braja Harjosari (Photo by Ni Made)

Pemandangan Desa yang ramah (Photo by Yulia Herliana)

Dan, masih banyak lagi keseruan-keseruan berkunjung di wisata desa, khususnya desa Braja Harjosari. Ada juga kuda yang disiapkan untuk wisatawan yang ingin berkeliling dengan kuda. hehehe.

Dengan pelatihan yang digelah oleh Dispora ini, diharapka desa-desa yang menjadi destinasi wisata desa akan lebih berkembang dan mampu menyedot wisatawan baik lokal, domestik dan asing.
Dan kita yang hidup di desa, berbahagialah dan cintailah desa kita. Rawat dan terus lestarikan cinta desa. Jadi... mari kita dukung wisata desa di Lampung Timur.

salam hangat.
Adbox