Cara Mudah Membuat Kue Brownies Kering Ala Lebaran

Photo by Furi Rain

Assalamu'alaikum...
Selamat pagi Guys
Selamat menjalankan ibadah puasa ya.
Nggak terasa ya bentar lagi bulan ramadhan akan berakhir. Sedih nggak, sih? Ngerasa belum maksimal ibadahnya di bulan suci ini. Masih belum telat kok, masih ada lima hari lagi.
Oh ya, jadi gimana persiapan buat lebarannya? Udah pada buat kue lebaran belum? hehe...
Jadi kemarin aku buat kue brownies kering yang ciamiiik banget. eh... tapi bener deh, enak banget. Buatnya pun nggak susah-susah kok.


Aku mau share untuk resep praktis membuat kue brownies kering untuk persiapan kue lebaran kalian. Dijamin deh rasanya enak dan renyah. Mana tahu yang di rumah mau coba gituuu.
Jadi begini,
kemarin saya buat kue brownies kering untuk satu kilo tepung terigu. Ini bahan-bahannya:


Bahan-bahan untuk membuat kue brownies kering ala lebaran:
  1. Tepung terigu 1 Kg
  2. Telur 1 Kg (sekitar 14 butir)
  3. Minyak makan 1 Kg
  4. Gula pasir 1 Kg
  5. Mises ceres/wijen
  6. Coklat bubuk (sebagai perasa)
 Nah, untuk cara pembuatannya gampang banget. Tapi sebelumnya kamu udah siapin dulu mixer, open dan loyang ya. Selanjutnya ke cara pembuatannya yang gampang banget.

Cara pembuatan kue brownies kering ala lebaran:
  1. Pecahkan 14 butir telur ke dalam baskom
  2. Masukkan 1 Kg gula pasir
  3. Selanjutnya, mixer telur dan gula sampai gulanya hancur dan telur sudah seperti busa berwarna putih tulang. Ini nggak butuh waktu lama, sekitar 15-20 menit dengan kecepatan mixer full
  4. Kemudian masukkan 1 Kg tepung terigu dan 1 Kg minyak makan ke dalam kocokkan telur dan gula tadi dan aduk-aduk hingga semua tercampur merata
  5. Tambahkan bubuk coklat jika perlu, kalau nggak suka coklat ya nggak apa-apa, rasanya akan tetep ciamik kok. hehe
  6. Kemudian atur cetakan di atas loyang kemudian masukkan kertas brownies di atas cetakan alluminium. Kita bisa gunakan kertas khusus untuk cetakan brownies bentuknya seperti cup kecil. aku biasa gunakan yang merek Rosa.
  7. Tuangkan adonan tadi ke dalam cetakan (satu persatu) yang sudah di tata. kira-kita sampai terisi 3/4 bagian. Jangan terlalu penuh ya guys, nanti malah membludak. hehe


  8. Taburi ceres atau wijen di atasnya sebagai hiasan
  9. Selanjutnya, masukkan ke dalam open dengan suhu sedang selama lebih kurang 15 menit (atau jika warnyanya sudah mulai kecoklatan)


Bereees deh, tingggal nunggu brownies matang. gampang kan?! Boleh coba di rumah karena ini mudah banget buatnya dan pas banget buat cemilan lebaran.
Selamat mencoba ya guys...


Adbox